Halaman

Selasa, 25 Desember 2012

Sama Tetapi Berbeda

Sama tetapi berbeda atau berbeda tetapi sama? Pada tulisanku ini, aku lebih cenderung memilih sesuai judul yang telah aku buat di atas. Akan tetapi sebenarnya apakah kedua kalimat tersebut memiliki arti atau makna yang sama atau berbeda, kalau menurutku kedua kalimat tersebut memiliki arti atau makna yang berbeda. Mungkin dari sahabat pembaca ada pendapat lain? Kalau ada waktu akan aku bahas perbedaan kedua kalimat tersebut pada tulisan-tulisanku selanjutnya.

Kira-kira ada atau tidak sesuatu di muka bumi ini yang tercipta atau dibuat dengan hasil yang benar-benar sama (tanpa ada cacat perbedaan), kalau pun ada jumlahnya pasti tidak banyak, dan sisanya adalah sesuatu yang berbeda, seperti halnya manusia yang terlahir kembar, apakah benar-benar sama atau hanya identik/mirip?

Kita sebagai manusia adalah sama, yaitu sama-sama manusia, tetapi kita berbeda dalam banyak hal, salah satunya adalah kebiasaan dan cara berfikir, justru perbedaan pada kenyataannya banyak bermanfaat. contohnya adalah tim sepak bola, ada 11 pemain yang mempunyai tanggung jawab, tugas dan posisi yang berbeda, akan tetapi mereka mempunyai tujuan yang sama yaitu mencetak gol dan memenangkan pertandingan.

Kekurangan, kesalahan sudah pasti ada dan pernah di alami setiap manusia, dalam hal ini peran dari perbedaan adalah untuk atau saling melengkapi, dan sebenarnya dalam hidup ini kita mempunyai tujuan yang sama, akan tetapi jalan kita untuk mencapainya berbeda.